Rabu, 25 Juni 2014

Buku Pendekatan Epidemiologi Spasial dalam Pemetaan Penyakit dan Analisis

Temen-temen epid... mata kuliah GIS yang dulu kita dapatkan akan lebih runcing lagi bila bisa mengaplikasikan apa yang ada dalam Buku "Pendekatan Epidemiologi Spasial dalam Pemetaan Penyakit dan Analisis".  Buku ini ditulis oleh ahli epidemiologi dan statistik spasial dan antara lain isinya adalah karakteristik informasi geospasial dan metode dan prosedur yang biasanya diikuti untuk mengimplementasikan aplikasi dalam kesehatan masyarakat dalam situasi nyata. Software geospasial dan analisis spasial yang digunakan semuanya freeware seperti Health Mapper yang dirilis oleh WHO, Crime Stat & Geo Da.

Sebuah fitur penting dari buku ini adalah template diikuti, yang terdiri dari deskripsi singkat metode analisis, referensi kunci untuk literatur yang membahas metode, dan ilustrasi epidemiologi spasial, pendekatan pemetaan penyakit dan analisis aplikasi metode untuk set data yang nyata di Hongkong atau Thailand. Buku panduan ini merupakan kontribusi yang sangat tepat waktu dan sangat berguna yang dibutuhkan sebagai sumber pembelajaran dalam epidemiologi spasial. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kita untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat dalam konteks geografis.

Menurut penulisnya : Buku ini berbeda dari lainnya. Selain presentasi sederhana fakta-fakta dengan contoh-contoh visual yang melayani pembaca dengan kepentingan dalam geografis dan analisis spasial, juga berfokus pada petunjuk langkah demi langkah dari GIS yang operasional berdasarkan freeware yang dipilih untuk mendorong penggunaan GIS di lapangan dengan biaya minimum implikasi pada pembelian software.
Pemetaan dan GIS adalah alat yang penting dan metode dalam mengidentifikasi faktor dan kemungkinan penyebab penyakit.

Selamat mengaplikasikan!! Majulah epidemiologi spasial!!..






1 komentar:

Pliiss komentarnya: